Buka : 06.30 - 22.00
0811 2953 081 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Tahura – Taman Hutan Raya, Kawasan Konservatif Nan Cantik No ratings yet.

Area Gunungkidul ternyata bukan hanya memiliki wisata alam saja. Pengelola pariwisata juga telah mengembangkan tempat wisata buatan yang bisa dijadikan salah satu destinasi wisata. Keindahannya juga tak perlu diragukan, meskipun sebagai wisata alternatif namun masih berbau wisata alam. Tempat tersebut dikenal sebagai Taman Hutan Raya.

Bumi Perkemahan Tahura Jogja

Sumber Foto : Akun Instagram @rani_dp

Taman Hutan Raya yang masih masuk ke dalam wilayah Gunungkidul yaitu lebih tepatnya di kawasan konservasi hutan Bunder, Kecamatan Pathuk juga dikenal sebagai Tahura. Sebutan Tahura sendiri sebenarnya adalah akronim dari Taman Hutan Raya.

Meskipun berupa hutan, namun kawasan ini sebagian besar orang atau wisatawan menggunakannya sebagai bumi perkemahan.

Kebanyakan yang berkunjung ke tempat ini adalah dari komunitas pecinta alam, para pelajar, dan mahasiswa yang ada di Yogyakarta. Salah satu yang menyebabkannya banyak dipilih sebagai bumi perkemahan adalah mudahnya dijangkau karena berlokasi dekat dengan pusat Kota.

Baca Juga : Masyarakat Melek Teknologi Tanpa Tinggalkan Tradisi

Wisata Edukatif Penyelamat Flora dan Fauna

Taman Hutan Raya yang memiliki luas kurang lebih 634 hektar ini memiliki beragam jenis flora dan fauna. Keberagaman makhluk hidup yang bisa Anda temukan di sini membuat banyak pihak yang melakukan penelitian bahkan Tahura juga dijadikan sebagai kawasan konservatif hayati baik flora maupun faunanya.

Pengunjung yang ingin melakukan penelitian di Tahura ini tidak hanya berasal dari Yogyakarta, bahkan juga berasal dari luar. Salah satu fauna yang dikonservasi di Tahura ini adalah Rusa Jawa yang memiliki wilayah konservasi kurang lebih 6,2 hektar.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga Toyota All New Fortuner VRZ 2017

Satu lagi yang juga bisa Anda temui adalah Sendang Mole. Sendang Mole sendiri merupakan salah satu wilayah yang ada di Tahura yang digunakan sebagai tempat penyulingan minyak kayu putih, Sendang Mole berdiri sudah sejak lama yaitu sekitar tahun 1980.Sangat pas untuk Anda kunjungi dan mempelajari bagaimana minyak kayu putih dibuat.

Pemandangan dan Kesejukan Yang Murni dari Tahura

Taman Hutan Raya

Sumber foto : IG @reny_apriy

Taman Hutan Raya di Gunungkidul ini juga dikenal dengan hijaunya kawasan hutan. Sehingga Anda bisa menikmati suguhan pemandangan nan hijau dan sejuk. Sangat cocok untuk Anda bersantai bersama keluarga.

Banyaknya pepohonan membuat hutan yang satu ini menghembuskan angin yang begitu sejuk. Yang menambah kesejukannya, di dalam Tahura Anda bisa menemukan adanya Kali Oya.

Sungai ini mengalir di tengah-tengah hutan sehingga menambah suasana sejuk bagi para pengunjungnya. Pohon-pohon yang menjulang tinggi membuat Anda bisa merasa teduh saat berkeliling.

Baca Juga : Wisata Desa Lengkap dan Menyenangkan Ala Dolan Ndeso Boro

Bagi pengunjung yang mencari spot foto, maka tempat ini sangat pas untuk Anda pilih karena tak jarang banyak yang memilih tempat ini sebagai salah satu lokasi untuk melakukan foto prewedding. Tentunya menarik dan sangat ikonik untuk acara sakral Anda. Anda bisa mengunjungi Tahura ketika cuaca sedang cerah.

Please rate this

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp