Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Yang Perlu Anda Tahu Dibalik Misteri Istana Air Taman Sari

Menikmati pemandangan eksotis di kolam yang dulunya digunakan para keluarga kerajaan untuk mandi merupakan sesuatu yang pastinya mengesankan. Salah satu tempatnya yaitu wisata air Taman Sari yang ada di kota budaya, Yogyakarta. Tempat ini masih satu kawasan dengan Keraton Yogyakarta yang ditempuh dalam waktu 10 menit menuju istana air ini. Untuk harga tiket masuk dikenakan sebesar 5 ribu rupiah Anda sudah bisa berkeliling kompleks kolam ini.

Taman Sari

Sumber gambar : Akun Instagram @aryorahardhi

Bangunan yang memiliki nilai estetika yang unik dengan relief di dinding kolam. Adapun bangunan yang masih menempati wisata ini yaitu Sumur Gemuling, Gedhong Gapura Hageng (samping pintu masuk), dan Gedhong Gapura Panggung. Di dalam Gedhong Gapura Panggung terdapat bangunan kembar di sisi kanan dan sisi kiri yang merekat dengan kolam dan akses pintu utama pengunjung untuk masuk ke kompleks Taman Sari ini. Istana air Taman Sari menyimpan sejarah mistis yaitu kolamini digunakan oleh Raja MataramJogja untuk berendam pada bulan-bulan tertentu. Terkadang ada kejadian aneh di sekitar kolam. Bunyi gamelan dari sisi kanan dan kiri bangunan-bangunan kecil menyambut kedatangan raja ketika akan mandi disini. Kemudian terdapat upacara tersendiri untuk menyambut raja dan orang-orang yang mau memasuki kolam istana air ini.

Berada di istana air Taman Sari seperti berada di suasana kerajaan zaman dahulu. Ukiran bangunan yang masih kental dengan budaya Jawa menjadikan tempat ini menarik untuk dikunjungi. Terdapat 3 bagian kolam yaitu Umbul Kawitan (kolam yang digunakan oleh putra-putri raja), Umbul Pamuncar (digunakan oleh para selir raja) dan Umbul Panguras (yang digunakan oleh raja sendiri). Disini juga ada menara yang terdiri dari tiga tingkat yang tangganya terbuat dari kayu jati sebagai identitas masih tradisional. Pantulan air kolam terlihat begitu jelas dari atas menara.

Taman Sari

Sumber gambar : Akun Instagram @herryjr7

Kondisi air yang begitu menyegarkan di tengah kolam membuat mata tak berhenti memandang. Namun yang harus Anda ketahui bahwa tidak boleh berendam di dalam kolam. Bau wangi menyelimuti sisi kolam dengan adanya tanaman bunga yang ditanam di sekeliling kolam. Selain itu terdapat gedung Kenongo yang menjadi gedung tertinggi se-Taman sari. Dari tempat ini Anda akan dibuat kagum oleh pesona keindahan sunset di senja hari. Tak hanya itu panorama kemegahan Taman Sari secara menyeluruh terlihat dari atas gedung ini.

Wisata istana air Taman Sari bisa menjadi tujuan wisata bagi Anda yang suka dengan budaya di zaman kerajaan dahulu. Dengan berbekal energi yang cukup untuk tetap bisa kuat mengitari seluruh kompleks yang ada di istana air ini. Pastikan Anda mengunjungi tiap tempat dengan detail dan cari tahu asal usul tempat bersejarah itu dari narasumber yang berada di sana.

Baca Sebelumnya :Mengenang Warisan Budaya Keraton Yogyakarta dan Sejarahnya

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

WA CS 1

Phone