Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Tengkleng Gajah, Sudah Pernahkah Anda Mengunjungi Wisata Kuliner Ini?

Mendengar namanya tentu saja membuat sangat penasaran dan menggelitik. Tengkleng Gajah? Maksudnya tulang gajah yang masih ada dagingnya dikasih bumbu terus dimasak ala tengkleng kambing? Ah..Ternyata bukan. Tengkleng Gajah ini ternyata hanya ungkapan untuk ukuran saja. Aslinya tetap menggunakan daging kambing, namun dalam penyajiannya meminjam istilah gajah yang artinya besar dan porsinya banyak. Pada kesempatan ini Jogja Empat Roda akan mengupas wisata kuliner di Jogja tentang keunikan warung Tengkleng Gajah yang ada di wilayah Yogyakarta bagian utara.

Tengkleng Gajah

Tengkleng Gajah, Sumber Foto: Akun IG @tengklenggajah

Tuntaskan rasa penasaran kalian dengan mendatangi warung Tengkleng Gajah yang berlokasi di wilayah Sleman tepatnya di alamat berikut ini atau bisa diklik tautannya. Silahkan lahap sepuasnya karena hidangannya konon terkenal sampai kalangan pengusaha dan pejabat tinggi yang sedang melakukan perjalanan ke Yogyakarta.

https://goo.gl/maps/dagcmKyEjfE2

Istilah tengkleng adalah jenis olahan makanan seperti sop surakarta yang menggunakan daging, tulang kambing, dan jeroan sebagai bahan utamanya. Sekilas memang serupa dengan kambing gulai, namun rasanya agak berbeda, gulai kambing memiliki kuah yang lebih cair. Tengkleng Gajah penyajiannya harus pada saat panas, karena pada saat itu juga kepul asap dari kuah yang berpadu dengan tulang dan daging mengelurakan aromanya paling maksimal. Membuat perut bergejolak, dan ludah yang hampir menetes. Rasanya juga kaya rempah dan menghangatkan tubuh.

Variasi Tengkleng Kambing, Sumber Foto : IG @tengklenggajah

Para pelanggan yang datang Warung Tengkleng Gajah atau biasa disebut juga dengan Warung Sari Roso Mulyo, umumnya menggunakan pipet plastik untuk memakan sumsum kambing yang gurih dan lezat sampai ke dalam tulang. Mengenai keempukan daging, penjualnya berani menjamin kalau daging/tulang kambing tidak alot, tidak juga terlalu lembek. Pemasakan daging/tulang yang menelan waktu hingga tiga jam benar-benar maksimal membuat daging tidak kenyal, bumbu-bumbu racikan yang dipakai dapat meresap sempurna.

Disamping menu tengkleng sebagai andalannya, warung tengkleng gajah juga menyediakan bermacam-macam aneka variasi masakan kambing lainnya, diantaranya tongseng kambing, sate kambing, nasi goreng kambing, dan lain sebagainya. Si empunya warung mengatakan, Warung ini menyediakan sebelas menu masakan daging kambing dan variasinya. Pelanggan dapat mengambil pilihan sesuai seleranya, mau dibakar, digoreng, atau ditongseng secara pedas-manis, atau dibuat lebih asin sedikit.

Jam operasional Warung tengkleng gajah, buka setiap hari dari jam sembilan pagi sampai dengan jam sembilan malam. Disarankan jika datang ke warung ini pada long week end atau musim liburan, untuk hadir lebih awal, supaya kebagian menu yang lengkap. Biasanya sebelum jam operasional tutup, menu masakan sudah habis terjual.

Bagi Anda para wisatawan yang sedang berkunjung ke Yogyakarta, dan ingin berkunjung ke Warung Tengkleng Gajah dan membutuhkan sewa mobil, Anda bisa menggunakan jasa rental mobil Jogja Empat Roda. Silahkan kontak melalui WA/Telp/SMS di nomor 0819 1555 0847.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

WA CS 1

Phone