Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Wisata Perahu Keliling Waduk Sermo Di Kulon Progo

Rate this post

Kota Yogyakarta memang memiliki banyak tempat-tempat menarik dikunjungi. Saking menariknya, tempat-tempat tersebut dapat dijadikan sebagai tujuan wisata yang patut dikunjungi saat berada di salah satu kota terkenal di Pulau Jawa ini. Jika merasa bosan untuk datang dan mengunjungi tempat wisata pantai dan tempat wisata sejarah, maka ada baiknya untuk mengunjungi ke tempat wisata yang berbeda. Tempat wisata yang dimaksudkan berada di wilayah Kulon Progo, yang merupakan sebuah waduk yang dikenal dengan nama Waduk Sermo.

Yang membuat Waduk Sermo di Kulon Progo ini sangat menarik untuk dikunjungi karena waduk ini merupakan satu-satunya waduk yang dimiliki oleh Provinsi DI Yogyakarta. Selain itu, di sekitaran waduk ini terdapat pemandangan yang indah karena tak hanya luas, waduk ini juga berada di tengah-tengah perbukitan Menoreh. Waduk yang mempunyai genangan air lebih dari 157 hektar ini mampu menampung air sebanyak 25 juta meter kubik dan kedalaman yang dimilikinya mencapai lebih dari 60 meter. Waduk yang dibangun pada tahun 1994 ini memiliki pemandangan yang indah dan akses perjalanan menuju ke sini sangat mudah.

waduk sermo wates

sumber foto: akun instagram @argaap

Waduk Sermo di Kulon Progo memiliki pemandangan yang bisa dilihat dari tepian. Namun, bagi yang belum puas untuk melihat pemandangannya dari jauh, di tempat ini disediakan perahu yang dapat disewa untuk mengangkut maksimal 10 orang. Dengan membawa biaya sekitar 20 ribu rupiah, perahu tersebut dapat membawa wisatawan untuk berkeliling selama 1 jam. Harga tersebut terbilang sudah cukup murah untuk membawa para wisatawan berkeliling di waduk yang luas ini.

Ketika memutuskan untuk berkunjung ke Waduk Sermo ini bersama tempat liburan keluarga, sebaiknya ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Adapun diantaranya adalah :

  1. Saat ingin berkeliling waduk menggunakan perahu di saat jam makan, sebaiknya pesanlah makanan terlebih dahulu di warung-warung yang terdapat di dermaga sebelum berangkat, sehingga saat mendarat makanan tersebut sudah menanti dan tinggal dinikmati saja, tanpa perlu menunggu untuk memesan.
  2. Walaupun Waduk Sermo ini dikelilingi oleh perbuktian yang penuh dengan hutan, tetapi disarankan untuk berkunjung di sore hari untuk menghindari terik matahari. Terlebih lagi, pemandangan di sore hingga malam hari lebih indah karena wisatawan dapat melihat pemandangan langit malam yang dipenuhi dengan taburan bintang.

Setelah mengetahui beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika ingin mengunjungi waduk yang ada di Yogyakarta ini, sebagai informasi tambahan akan diberikan berita yang tak kalah pentingnya tentang Waduk Sermo.

waduk sermo kulon progo

sumber foto: akun instagram @eryulianti

  • Akses Jalan Menuju Waduk Sermo

Waduk Sermo ini berada di wilayah perdusunan Sermo, Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap Kulonprogo. Letak waduk ini sendiri berada sekitar 5-6 km dari barat Wates, sehingga mudah untuk ditempuh menggunakan kendaraan pribadi. Namun bagi yang naik angkutan umum maka akses perjalanan bisa dimulai dari RSUD Wates dengan naik kendaraan bus kecil atau angkudes. Namun, jumlahnya tidaklah banyak dan jam operasionalnya juga sangat terbatas, sehingga lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi saja. Ada dua rute yang dapat dipilih, yaitu lewat jalur Pengasih dan lewat jalur Wates. Kedua rute tersebut merupakan jalanan yang naik-turun dan berkelok-kelok, tetapi di setiap sisi jalan terdapat pemandangan hutan yang mempesona.

  • Biaya yang Dikeluarkan

Sebelum tiba ke tempat tujuan, saat tiba di pos TPR para pengendara mobil harus membayar sejumlah uang, yaitu Rp. 2.000 untuk motor, Rp. 3.000 untuk mobil dan Rp. 5.000 untuk bus atau truk. Sementara untuk tiket masuknya, para pengunjung harus membayar tiket Rp. 2.000 per orang. Dan tak hanya itu saja, para pengunjung juga masih harus membayar tiket parkir sesuai dengan jenis kendaraan yang dibawa.

Jika dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan ketika mengunjungi Waduk Sermo di Kulon Progo ini, nominal tersebut tidak dapat dibandingkan dengan keindahan dan pengalaman yang didapatkan saat berkunjung ke sini.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 1

WA CS 2