Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404

Warung Brongkos Handayani Jadi Paling Favorit di Kalangan Penikmat Kuliner Jogja

Rate this post

Luasnya tak terlalu besar dan dengan gaya yang jauh dari mewah, namun Warung Brongkos Handayani senantiasa tidak pernah sepi oleh pelanggan. Tempat ini didirikan sekitar lebih dari empat puluh tahun yang lalu, tepatnya di tahun 1975 dengan nama Handayani. Tempat makan ini terletak di sebelah tenggara Alun-alun Selatan Yogyakarta atau sering disebut Alkid”. Brongkos merupakan satu diantara beberapa menu di sini yang menjadi salah satu menu andalannya yang sanggup memberi daya tarik pengunjung untuk senantiasa kembali ke tempat makan ini.

Warung Brongkos Handayani

Warung Brongkos Handayani, Sumber Foto : IG @ceritamakan

Untuk menuju ke Warung Brongkos Handayani, bisa lewat jalan sebelum plengkung Gading. Tepatnya berada di Jl. Gading No. 2, Patehan, Kraton, Patehan, Kraton, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55133. Nomor Telepon : 0813-9274-7998. Anda bisa melihat dari peta google map yang akan saya sertakan dalam tautan berikut ini:

https://goo.gl/maps/c46gq6ffKJr

Jenis masakan brongkos jika diperhatikan selintas hampir sama dengan masakan rawon (makanan khas Jawa Timur). Yang membedakan adalah kuah brongkos pada saat dimasak diberi santan kental alhasil warnanya berubah menjadi kecoklatan. Pemilik warung Brongkos Handayani, Ibu Suparmi mengungkapkan, resep bumbu-bumbu yang dipakai untuk membuat brongkos yakni, kluwak atau kluwek, kemiri, bawang putih, ketumbar, bawang merah, daun salam, gula dan garam. Bumbu kluwak yang asalnya sudah berwarna agak kehitaman akan membikin sayur brongkos ini berwarna coklat kehitaman. Sedangkan untuk isi sayurnya, memuat bahan utama yakni kacang tolo dan ditambah tahu yang diiris kotak-kotak. Dahulu pada saat mulanya, masakan brongkos Ibu Suparmi tersebut diberi kulit mlinjo, namun sekarang ini sedikit sekali peminat kulit mlinjo yang doyan, akhirnya si kulit melinjo ini dihilangkan.

Warung Brongkos Handayani memiliki citarasa betul-betul gurih di lidah, sebab ada unsur santan yang dipakai dalam masakan ini. Tak cuma itu, rasa yang gurih juga timbul dari kaldu sapi yang dipakai dalam proses memasak brongkos. Apabila kalian mengorder 1 porsi bronkos koyor di tempat ini, akan menerima 1 mangkok brongkos yang berisi irisan daging sapi dan koyor/lemak sapi satu paket dengan 1`porsi nasi dalam piring. Sedangkan untuk brongkos telor, sayur brongkosnya jadi satu dengan 1 butir telut bulat atau sesuai permintaan Anda, mau 2 atau lebih, bersama nasinya juga.

Warung Brongkos Handayani, Sumber Foto : IG @qeeqee37

Disebutkan oleh Ibu Suparmi, Warung Brongkos Handayani dulunya ia berawal dari usaha keluarga berjualan es campur secara keliling-keliing ke kampung-kampung di Jogja yang dijalankan oleh bapaknya sekitar era 60-an. Sampai akhirnya menemukan tempat yang tetap untuk berjualan di daerah Ngadisuryan pada tahun 1975. Dan diteruskan oleh anaknya yakni Ibu Tri Suparmi, dengan menambah daftar makanan sebagai jualannya, mulai dari soto, pecel dan brongkos tentunya.

Warung Brongkos Handayani, Sumber Foto : IG @prabandhini

Kenikmatan kuliner dari Warung Brongkos Handayani tak cuma tenar di kalangan masyarakat Jogja saja lho. Di dinding warung ini terpampang sejumlah gambar/potret orang-orang terkenal yang berfoto sedang menyantap brongkos dengan latar belakang Warung Handayani. Mereka diantaranya adalah Bapak Guruh Soekarno Putra, Bapak Bonda Winarno (alm), Pesinetron Ramzi, , dan selebriti-selebriti lainnya.

Harga makanan dan Jam operasional Warung Brongkos Handayani

Untuk menyantap makanan di sini, 1 porsi brongkos telur, Anda akan dikenakan harga sebanyak 11.000, brongkos koyor dihargai 18.000, soto ayam 12.000, pecel 10.000, dan es campurnya 6.000. Warung Brongkos Handayani memiliki jam operasional buka setiap hari mulai pukul tujuh pagi sampai pukul empat sore.

Selamat Menikmati, Salam Kuliner Jogja!

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 1

WA CS 2