Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Menikmati Piramida Suku Maya ala Gunungkidul di Sisi Timur Wonosari

Watu Giring – Apabila Anda adalah seorang yang menyukai dunia fotografi dan sering mengunjungi tempat-tempat yang unik serta tidak biasa untuk hunting foto, maka salah satu tempat wisata yang akan diulas di artikel ini dapat direkomendasikan untuk dikunjungi. Dikenal dengan nama Watu Giring atau penduduk sekitar menyebut nggiringan merupakan bekas tambang batu kapur.

Watu Giring

gambar IG @taufikstrauss

Lama-kelamaan tempat tambang batu kapur ini berbentuk seperti candi berundak-undak dan memiliki nilai estetika yang tinggi ketika dipandang mata. Diperkirakan usia tambang batu kapur ini sudah mencapai puluhan tahun.

Lokasi Watu Giring

Objek wisata ini terletak di Padukuhan Jelok, Ds Pacarejo, Semanu, Gunung Kidul. Letak objek wisata ini berada di sisi timur Wonosari. Akses menuju lokasi terbilang cukup mudah. Karena lokasinya yang berdekatan dengan Cave Tubing Kalisuci, sehingga bagi para wisatawan yang sudah pernah mengunjungi lokasi wisata Cave Tubing Kalisuci maka Anda sudah dekat dengan Watu Giring.

Harga Tiket Masuk

Jika di Tebing Breksi Anda dimintai tarif seikhlasnya maka tidak berbeda jauh dengan di Watu Giring. Anda dimintai uang seikhlasnya untuk pengelolaan dan pembangunan. Hal ini dikarenakan objek wisata ini masih dikelola oleh pemuda daerah setempat sehingga berlaku biaya retribusi yang sangat ekonomis.

Untuk biaya parkir sendiri, sepeda motor dikenakan tarif Rp 2.000,00 dan untuk kendaraan roda empat atau mobil sebesar Rp 5.000,00. Bukankah harga tiket masuknya sangat ekonomis dan terjangkau berbagai kalangan masyarakat?

Pict by : IG @nita_saris

Keunikan Watu Giring

Banyak pengunjung yang beranggapan bahwa Watu Giring adalah sebuah candi dan merupakan situs peninggalan masa kebudayaan batu besar ataupun zaman Megalitikum. Tetapi pengelola sendiri mengatakan bahwa tempat ini hanyalah sebuah tempat bekas tambang batu kapur yang berundak-undak seperti anak tangga dan menyerupai seperti candi. Bentuk bangunannya pun bertingkat layaknya piramida suku maya.

Watu Giring memiliki lokasi yang cukup luas dan menawarkan spot-spot bagus dan menarik ketika digunakan untuk berfoto. Entah foto sendiri ataupun beramai-ramai. Destinasi ini juga cocok dijadikan tempat pengambilan foto prewedding bagi pasangan yang ingin menikah terlebih jika ingin mengambil konsep yang dekat dengan alam dengan sisi bohemiannya.

gambar IG @riefffadill_90

Namun sayangnya fasilitas yang terdapat di Watu Giring sangatlah kurang dan belum lengkap. Hanya terdapat tempat duduk panjang yang terbuat dari bambu untuk duduk-duduk maupun istirahat bagi para pengunjung. Sehingga masih dibutuhkan peran serta pengelola untuk mengelola dan memajukan wisata Watu Giring agar menjadi lebih baik lagi. Diharapkan tempat wisata ini dapat menarik rasa penasaran orang-orang sehingga akan berbondong-bondong menuju tempat wisata ini. Karena tempat wisata yang masih tergolong baru diharapkan para pengunjung turut serta menjaga kebersihan dan tidak merusak fasilitas.

Baca Juga : Sundeck Beach Camp

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

WA CS 1

Phone