Buka : 06.30 - 22.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Menikmati Wedang Uwuh Minuman Kaya Rempah Khas Imogiri Bantul

Ada suatu tempat di Imogiri Bantul tepatnya di komplek pesarean mantan raja-raja Mataram, yang terkenal dengan minumannya yang khas, segar, dan sangat bagus untuk kesehatan. Minuman tersebut yaitu Wedang Uwuh. Wedang diambil dari terminologi kamus Jawa yang artinya minuman, dan uwuh yang artinya sampah. Dinamakan wedang uwuh karena jenis minuman ini menggunakan bahan baku utama daun-daun dan rempah-rempah yang kalau dilihat sekilas serupa dengan sampah. Simak lebih lanjut ulasan berikut ini.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh, Minuman Khas Imogiri, Sumber Foto: IG @wedanguwuh_yogyakarta

Suguhan minuman wedang uwuh biasanya berisi bahan-bahan : kayu manis, daun cengkeh, jahe, daun pala, kayu secang, ditambah perasa manis gula batu atau gula merah. Pemakaian kayu secang membuat minuman ini berwarna merah, dan mengeluarkan aroma wangi herbal. Unsur jahe memberikan efek sensasi hangat di tenggorokan sampai perut dan sedikit pedas di lidah. Air panas yang diseduhkan ke bermacam-macam daun-daunan juga menimbulkan efek rasa segar melegakan saluran pernafasan.

Di sekitar terminal Imogiri, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang tidak jauh dari area makam Raja Mataram, ada sekitar belasan warung yang menjajakan wedang uwuh. Satu diantaranya yakni lapak kepunyaan Sutartano. Laki-laki yang biasa yang dipanggil Tano mengatakan jenis minuman ini merupakan minuman khas Imogiri. Tano menyebutkan bahwa daun-daun yang dipakai untuk meracikminuman juga bersumber dari komplek makam Raja Mataram. Misalnya daun pala, perawat makam yang tugasnya membersihkan area makam sekaligus mengumpulkan daun pala yang kemudian menjualnya ke para penjaja wedang uwuh. Demikian juga bahan-bahan yang lainnya.

Tak cuma segar, penikmat wedang uwuh meyakini bahwa mengkonsumsi minuman berempah ini membawa banyak kegunaan. Diantaranya adalah bisa menghilangkan capek dan pegal, mengusir masuk angin, meringankan batuk, , dan anti begah.

Keunggulan lain dari wedang uwuh imogiri adalah selain rasa yang nikmat dan bermanfaat, juga dari harga. Harganya benar-benar relatif murah yaitu cuma Rp. 3.000 per gelas. Seandainya Anda mau membawa pulang minuman ini, tersedia juga versi kemasan yang praktis tinggal seduh. Bahan baku dicampur jadi satu dibungkus kira-kira untuk ukuran 1 porsi (1x seduh). 1 porsi tersebut dihargai sangat terjangkau juga, yakni cukup dibayar dengan harga Rp. 2.000 rupiah saja.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

Rental Mobil Jogja

WA CS 1

Telp