Buka : 06.00 - 21.00
0851 0604 2220 | 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0817 7044 0340

Mengenal Lebih Dekat Desa Wisata Tunggul Arum

Desa wisata Tunggul Arum, sebuah desa wisata yang bertengger di kaki gunung merapi. Berketinggian 800 meter dari permukaan air laut, desa Tunggul Arum menawarkan pesona yang rupawan. Desa ini menawarkan begitu banyak pengalaman baru bagi pengunjungnya. Tidak hanya hamparan alamnya yang indah, desa ini juga memiliki budaya dan tradisi yang begitu menarik untuk dipelajari.

Desa Wisata Tunggularum

Wisata Desa Tunggul Arum (IG @desawisatatunggularum)

Desa Tunggul Arum masuk dalam salah satu destinasi desa wisata yang menawarkan kehidupan kesehariannya sebagai objek wisata andalannya. Lalu pesona dari sang Merapi juga memiliki daya tarik tersendiri yang membuat betah untuk berlama lama di Tunggul Arum.

Lokasi Desa Tunggul Arum

Desa Tunggul Arum salah satu desa yang berada di Kabupaten Sleman, tepatnya di wilayah Padukuhan Tunggul Arum, Desa Wonokerto, Kecamatan Turi. Jaraknya sendiri sekitar 20km dari kota Sleman, untuk waktu tempuhnya sendiri sekitar 35 menit perjalanan.

Daya Tarik Wisata Andalan Desa Tunggul Arum

Merti Bumi

Terkenal oleh tradisinya yang kental, Desa Wisata Tunggul Arum mempunyai sebuah tradisi yang diadakan setiap tahunnya yang sering disebut merti bumi. Merti bumi sendiri adalah sebuah tradisi kirab pusaka lalu dilanjutkan dengan kenduri atau kenduren lengkap dengan dawet cuwo dan tumpengan. Tradisi ini dilakukan di setiap bulan sapar

Wisata Desa Tunggul Arum

Tradisi Mertibumi di Desa Tunggularum

Tradisi merti bumi diyakini masyarakat desa Tunggul Arum sebagai tradisi ucap syukur atas segala berkah dari Tuhan YME. Tradisi inilah yang menjadi salah satu objek wisata Yogyakarta yang menarik pengunjung atau wisatawan.

Baca Juga : Review Cengkir Heritage Resto and Cafe Yogyakarta

Pesona Alam Kaki Gunung Merapi

Tak hanya kental oleh tradisinya, Desa Wisata Tunggul Arum juga dikenal sebagai desa yang memiliki spot foto yang indah. Pasalnya sang Gunung Merapi akan terlihat begitu nyata dan dekat jika dilihat dari desa ini. Jaraknya hanya berkisar 7km dari puncak merapi.

IG @desawisatatunggularum

Keberadaan gardu pandang di desa ini menambah poin plus dalam menikmati sang Merapi dengan sudut yang lebih baik. Belum lagi juga terdapat sebuah bunker yang fungsinya sebagai tempat berlindung warga apabila Merapi erupsi sewaktu waktu.

Artikel menarik lainnya : Wisata Kuliner Tradisional di Waroeng Belik, Yogyakarta

Tak hanya hamparan luas kaki Gunung Merapi, terdapat juga sebuah hutan konservasi flora juga fauna yang beragam. Bagi pengunjung kegiatan Lava Tour juga bisa ditemui di desa ini. Masih ada juga destinasi seperti Goa Semar, dan sendang pancuran.

Cinderamata dan Oleh-oleh

Cinderamata

Bagi wisatawan tidak lengkap rasanya bila tidak membawa cinderamata dan oleh-oleh. Di Desa Tunggul Arum terdapat beberapa cinderamata dan oleh-oleh khas Tunggul Arum. Cinderamata yang bisa anda temui berupa keris kayu, kerajinan tosan aji, dan cincin akik yang terbuat dari kayu khas Merapi.

Oleh-Oleh

Untuk oleh-oleh kulinernya desa ini mempunyai makanan keripik yang terbuat dari tepung ubi dan talas, ada juga yang terbuat dari daun-daunan pegagan.

Tentang Kami
JOGJA EMPAT RODA adalah perusahaan jasa di bidang rental mobil, rental motor dan paket wisata di Jogja. Berdiri sejak tahun 2009, kami siap memberikan service terbaik untuk Anda. Hubungi kami di nomer telepon: 0819 1555 0847 | 0812 2794 4404 | 0851 0604 2220 dan email : jogja4roda@gmail.com.

Leave a Reply

*

Thanks!

WA CS 2

WA CS 1

Phone